Jumat, 10 Februari 2012

Berpikir Mendalam

Pernahkah anda berpikir bahwa anda tidak ada sebelum anda datang ke dunia ini…Dan bagaimana anda berbentuk rupa seperti saat ini padahal awalnya wujud anda tidaklah lebih besar dari sebutir garam?

Pernahkah anda berpikir bagaimana pepohonan mampu mengalirkan air hingga ketinggian 120 meter ke cabang-cabangnya…padahal pepohonan tidak memiliki mesin atau pompa?

Pernahkah anda berpikir bahwa bumi berputar pada sumbunya dengan kecepatan 1.670 km per jam…namun demikian tak satu benda pun yang terlempar dan hilang di ruang angkasa?

Pernahkah anda berpikir bagaimana sejumlah serangga mengepakkan sayapnya sekitar 1000 kali per detik….akan tetapi sayap itu tidak pernah rusak atau terbakar?

Pernahkah anda berpikir bagaimana kota yang anda huni, rumah atau tempat kerja Anda dapat hancur akibat gempa bumi yang mungkin terjadi kapan saja atau…Anda mungkin saja kehilangan segala sesuatu yang Anda miliki di dunia ini dalam hitungan detik saja?

Pernahkah anda berpikir bagaimana hidup anda berlalu begitu cepat…hingga suatu hari nanti anda menjadi lemah, tua, dan lambat laun kehilangan kecantikan, kebugaran, dan kekuatan anda?

Pernahkah anda berpikir bahwa suatu hari, di saat yang paling tidak anda harapkan…Anda akan diperhadapkan dengan malaikat maut yang ditugaskan khusus oleh Allah dan anda harus meninggalkan dunia ini?

Pernahkah anda berpikir mengapa orang-orang sedemikian cintanya dengan dunia yang sebentar lagi akan mereka tinggalkan…padahal yang semestinya mereka lakukan adalah berusaha keras meraih kebahagiaan akhirat?

Jika seseorang tidak pernah memikirkan alasan mengapa dunia ini diciptakan…Ia takkan pernah memahami alasan keberadaanya di dunia. Padahal, Allah menciptakan segala sesuatu dengan tujuan tertentu.

Akan sangat bermanfaat bagi kehidupan kita di akhirat kelak jika kita mau memikirkan kenyataan ini sekarang dan memahaminya…dengan mengambil pelajaran berguna selagi Allah memberi kita kesempatan di dunia ini.

“Dan Kami tidak menciptakan langit dan bumi dan apa yang ada antara keduanya dengan bermain-main. Kami tidak menciptakan keduanya melainkan dengan haq, tetapi kebanyakan mereka tidak mengetahui.”

(QS. Ad Dukhaan, 44 : 38-39)

Tidak ada komentar: